Persiapan Perjalanan Umroh


Tulisan ini hanya untuk berbagi saja

Pada saat akan berangkat umroh saya tidak tahu apa yang akan disiapkan, walaupun harus tanya orang yg sudah berangkat tetapi jawabannya saya rasa masih kurang,

Dokumen : Paspor dan visa

Pakaian : baju ihrom -1 dan sabuk ,baju koko – 4bh, jelana panjang – 4 bh, kaos dalam – 4bh, jelana dalam -4bh, kaos kaki -1bh, peci -1bh, tasbih -1bh, buku panduan doa -1bh, Jemiti yg besar – 1 set  utk  baju ihrom, gunting -1bh , potong kuku -1bh, kalau musim dingin jaket -1

Peralatan mandi : sikat gigi -1, pasta gigi -1 ( sabun, handuk, sampo – disediakan hotel )

Obat-obatan : Obat gosok, obat flu dan batuk , diare, sakit kepala, Multi Vitamin

Jangan lupa Uang saku dalam bentuk real atau ATM biasanya untuk belanja waktu di mekah maupun madinah

Pada saat membawa barang saat pemeriksaan di bandara yang berupa cairan sebaiknya di masukan ke tas bagasi, kalau dalam  tas yg dibawa isinya cairan tidak boleh lebih dari 100 ml ( misalnya minuman, minyak kayu putih, dll )

Dan yang perlu dimengerti tentang keutamaan-2 tempat di Mekah

  1. Paling bagusnya kota dan yang paling dicintai oleh ALLAH سبحانه وتعالي yang ada di atas bumi ini adalah Makkah. ALLAH سبحانه وتعالي berfirman :
    {إن أول بيت وضع للناس للذي ببكة مباركاً وهدى للعالمين . فيه آيات بينات مقام إبرهيم ومن دخل كان أمنا } – surat Ali-Imran ayat 96-97.
  2. Gunung yang pertama kali diciptakan di bumi ini adalah namanya gunung “qubais” yang terdapat di Makkah.
    Gunung ini terletak dimana bangungan kerjaan/istana saudi ‘berdiri’.
  3. Makhluk pertama kali yang thowaf terhadap ka’bah adalah malaikat sebelum diciptakannya Nabi Adam alaihi salam selama 1000 tahun lamanya.
  4. Di sekitar ka’bah terdapat 300 makam nabi terdahulu, diantaranya :
    Diantara rukun yamani dan hajarul aswad terdapat 70 makam nabi, kesemuanya tersebut wafat karena kelaparan dan wabah penyakit (kutu)..
    Makamnya Nabi Ismail dan Ummu Hajr ‘alaihuma salam terdapat di hijr Isma’il ‘alaihi salam di bawah pancuran emas..
    Makamnya nabi Nuh, nabi Hud, Nabi Syu’aib dan Nabi Sholeh alaihim salam terdapat diantara zam-zam dan maqom Ibrahim ‘alaihi salam.
  5. Tidak ada atas suatu kota/daerah yang mana pintu-pintu surga itu selalu terbuka hingga akhir kiamat tiba.. kecuali pintu-pintu tsb hanya terdapat di kota Makkah saja. Pintu-pintu surga itu terdapat 8 pintu, yaitu :
    1. Pintu surga yang pertama adalah pintunya ka’bah.
    2. Pintu surga yang kedua terdapat dibawah pancuran emas.
    3. Pintu surga yang ketiga terdapat di rukun yamani.
    4. Pintu surga yang keempat terdapat di hajarul aswad.
    5. Pintu surga yang kelima terdapat di belakang maqom Ibrahim ‘alaihi salam.
    6. Pintu surga yang keenam terdapat di sumur zam-zam.
    7. Pintu surga yang ketujuh terdapat di Sofa.
    8. Pintu surga yang kedelapan terdapat di Marwah.
  6. Terdapat 15 tempat di kota Makkah jikalau kita berdoa pada tempat-tempat tersebut insyaALLAH doa yang kita minta akan dikabulkan/mustajab, yaitu :
    1. Berdoa di dalam ka’bah.
    2. Berdoa di hajarul aswad.
    3. Berdoa di rukun yamani.
    4. Berdoa di hijr Isma’il ‘alaihi salam.
    5. Berdoa di belakang maqom Ibrahim ‘alaihi salam.
    6. Berdoa di multazam.
    7. Berdoa di pintu masuk ke sumur zam-zam (skrg sdh tidak ada).
    8. Berdoa di Sofa.
    9. Berdoa di Marwah.
    10. Berdoa diantara Sofa & Marwah.
    11. Berdoa diantara rukun yamani dan rukun hajarul aswad.
    12. Berdoa di Mina.
    13. Berdoa secara berjamaah atau berkelompok.
    14. Berdoa di Arofah.
    15. Berdoa di daerah-daerah haram.
  7. Rasulullah صلى الله عليه السلام bersabda(yang dalam maknanya) : “Diantara rukun Yamani dan hajarul aswad adalah salah satu taman dari taman-taman di surga”.
  8. Rasulullah صلى الله عليه السلام bersabda(yang dalam maknanya) : “Diantara rukun Yamani dan hajarul aswad adalah salah satu taman dari taman-taman di surga”.”Barang siapa yang berpuasa bulan Ramadhan di Makkah dicatat baginya seperti seratus ribu bulan berpuasa di luar kota Makkah. Apabila satu sholat dilaksanakan di masjidil haram akan diberikan ganjaran/pahala seperti melaksanakan seratus ribu sholat, jikalau melaksanakan sholatnya berjamaah maka diberikan ganjaran yang berlipat-lipat ganda. Barang siapa yang sakit di Makkah selama 1 hari 1 malam.. ALLAH سبحانه وتعالي mengharamkan terhadap jasadnya dan dagingnya orang tersebut dari api neraka.”
  9. Barang siapa yangbersabar terhadap panasnya kota Makkah, ALLAH سبحانه وتعالي akan menjauhkannya dari api neraka selama perjalanan 500 tahun dan ALLAH سبحانه وتعالي akan mendekatkannya surga terhadap orang tersebut selama perjalanan 200 tahun.
  10. Barang siapa yang melaksanakan sholat di belakang maqom Ibrahim ‘alaihi salam, maka orang tersebut akan dalam keadaan selamat; maksud selamat disini adalahselamat dari neraka.
  11. Sesungguhnya barang siapa yang mengusap hajarul aswad keluar dosa-dosa orang tersebut seperti bayi yang baru dilahirkan.
  12. Rasulullah صلى الله عليه السلام bersabda(yang dalam maknanya) : “Antara umrah dengan umrah lainnya adalah penebus dosa diantaranya & haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali masuk surga”.
  13. Rasulullah صلى الله عليه السلام bersabda (yang dalam maknanya) : “Barang siapa yang sakit di Makkah selama 1 hari, ALLAH سبحانه وتعالي akan mencatat baginya seperti amal-amal orang sholeh yang mana orang sholeh tersebut melaksanakan ibadah 60 tahun lamanya”.
  14. Barang siapa yang meninggal dunia di tanah haram Makkah atau Madinah, الله سبحانه وتعالي akan mengutusnya pada hari kiamat dalam keadaan selamat dari Azab-Nya. Tidak dihisab atas dosa-dosa orang tersebut, tidak ada rasa takut dan Azab, akan masuk surga dengan selamat dan orang tersebut kelak dapat memberikan syafaat pada hari kiamat tiba.
  15. Barang siapa yang sholat di hadapan hajarul aswad yang menghadap ke arah rukun Syam, seakan-akan hidup selama 7000 malam yang dalam keadaan beribadah seperti ibadahnya para mu’minin dan mu’minat.. dan seakan-akan haji sebanya 40 kali haji yang mabrur dan diterima oleh ALLAH سبحانه وتعالي. Barang siapa yang sholat menghadap ke pintu ka’bah sebanyak 4 rakaat, seperti beribadahnya seluruh makhluk yang diciptakan oleh ALLAH سبحانه وتعالي dan dilipat gandakan atasnya pahala-pahala tersebut, lalu ALLAH سبحانه وتعالي menyelamatkannya pada hari kiamat nanti dari ketakutan yang paling besar (hari hisab) dan ALLAH سبحانه وتعالي memerintahkan kepada malaikat Jibril, Mikail dan seluruh malaikat agar memintakan maaf terhadap orang yang melaksanakan sholat 4 rakaat menghadap pintu ka’bah hingga akhir kiamat tiba.
  16. Tidak ada atas suatu daerah dimana ALLAH سبحانه وتعالي menurunkan rahmatnya seperti kota Makkah, yang pada tiap harinya ALLAH سبحانه وتعالي menurunkan 120 rahmat ; 60 rahmat bagi orang yang melaksanakan thowaf, 40 rahmat bagi orang yang melaksanakan sholat dan 20 rahmat bagi orang yang memandang ka’bah.

Itulah beberapa butir dari keutamaan-keutamaan kota Makkah, yang sbenarnya masih banyak lagi tentang keutamaan-keutamaan tersebut. Semoga artikel ini bisa berguna bagi teman2 semua dan agar kita bisa lebih menghormati kota Makkah yang dimana الله سبحانه وتعالي telah menciptakan Makkah lebih agung dari pada kota-kota lainnya.

Tentang suwandikcf

Electrical Enginner
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s